TENTANG ZENCAFE DISTRO KHUSUS WARNET

Munculnya distro Zencafe yang digembar-gemborkan khusus distro warnet ternyata miskin tutorial. Terutama untuk pemula di Linux. Padahal semestinya sesuai dengan namanya Khusus Warnet seharusnya lebih mudah penggunaannya untuk para pemula. Sayang sekali distro ini tidak ditunjang dengan user guide yang memadai dalam bahasa kita. Misalnya untuk konfigurasi internet sharingnya, konfigurasi jaringan antar pc, setting billing, file sharing, printer sharing,remote dekstop dll, yang notabene penting sekali bagi warnet. Untuk pemula dijamin puyeng dulu dah…Jangan membayangkan lebih mudah dari distro semisal PCLinux OS 2007 dalam hal Internet sharing. Sekurangnya anda harus memijit kepala atau mengerutkan dahi untuk bisa Internet Sharing. Kecuali bagi para master di Linux kali. Padahal distro nya ringan banget dan sedap dipandang, apalagi diversi 1.4. Sayang sekali seribukali sayang….Kali begini ni yang gratisan ga kayak yang beli. Zencafe Distro Khusus Warnet ganti aja kali jadi ZenCAPE Distro Khusus Mencret.

~ oleh nebulagame pada Maret 15, 2008.

6 Tanggapan to “TENTANG ZENCAFE DISTRO KHUSUS WARNET”

  1. Ass…salam kenal dari saya,saya pemula dalam tahap belajar,berasal dari kalimantan timur ( tarakan ).sekarang ini saya kepingin membuka warnet untuk anak- anak disekeliling rumah,seperti mengerjakan PR yang bahannya diambil dari internet,saya sudah download Gbilling namun saya tidak mengetahui cara mengoperasikannya.saya berharap bapak bisa membantunya,dengan membuat suatu panduan seperti pdf membimbing dari awal cara mengaktifkannya.sekian dari saya zuliansyah

  2. ass…
    salam kenal…jujur sebenarnya saya juga newbei di linux, khususnya zencafe.
    but karena didasari penasaran dan suka. akhirnya masalah yang sama seperti anda dapat saya atasi pelan2. Itulah unutngnya belajar linux zencafe. Qita dapat bongkar pasang dan belajar jerohannya linux, jadi gak sekedar jadi pemakai az. Sekarang dah banyak kok tutorialnya ama mailing listnya. so…jangan nyerah gtu donk brother.
    “Allah Ta’ala akan meninggikan derajat orang yang berilmu”
    Wass…

  3. Saya pernah ngomong-ngomong dengan Kang Anjar Hardiena (pembuat distro Zencafe). Beliau banyak cerita bahwa Zencafe adalah distro linux yg open source, yg boleh dioprek atau diberi tutorial oleh siapapun. Pemakai Zencafe seharusnya tdk banyak mengeluh. Toh distronya sdh dibikinkan, tinggal download, gratis lagi. Bisa-bisanya user aja lagi mencari pemecahan seputar distro iniZencafe ini

    • bukan mengeluh…waktu itu saya hanya berharap agar ada tutorial detail untuk para newbie linux dengan berbasis indonesia, mulai dari instalasi,sharing internet,sharing printer, sharing file dsb.Karena saya merasa kesulitan sekali mencarinya.
      Mengembangkan opensource tanpa didasari tutrial yang jelas dan gamblang juga menghambat pengembangan open source itu sendiri.Btw, posting ini tidak bermaksud melecehkan.Terima kasih untuk tanggapannya.

Tinggalkan Balasan

 
