UNDANG UNDANG PELAYANAN PUBLIK RESMI DISAHKAN

Masyarakat akan segera menerima layanan publik yang maksimal tanpa harus membayar lebih dari standar kewajiban bayar untuk mengurus administrasi, perizinan, dan layanan lainnya. Bahkan, masyarakat juga diberi kesempatan untuk memberikan aduan bila terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan layanan. Hal tersebut ditegaskan dalam rapat paripurna DPR di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/6). Dalam pandangan akhirnya, semua fraksi di DPR menyetujui dengan suara bulat untuk mengesahkan Rancangan Undang-undang Pelayanan Publik menjadi undang-undang.
Ke depannya, UU ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi masyarakat untuk mendapat pelayanan yang maksimal dan terukur baik dalam hal kepengurusan administrasi, perizinan, kesehatan, dan pendidikan. Selain itu juga dalam hal perbankan, komunikasi dan informasi, lingkungan hidup, energi, dan perhubungan. Meski demikian, perlu diperjelas khususnya tentang biaya dan rinciannya sehingga masyarakat mengerti akan kewajibannya. UU Pelayanan Publik ini juga menegaskan bahwa penyimpangan terhadap UU akan dijatuhi sanksi. Misalnya, pencopotan dengan hormat maupun tidak, penurunan gaji satu bulan gaji, hingga pembekuan misi dan atau izin yang diterbitkan instansi terkait. Selanjutnya, masyarakat pun tidak akan dibatasi jika hendak membentuk lembaga pengawasan pelayanan publik di tingkat daerah maupun pusat. Pengesahan UU ini setelah hampir empat tahun digodok di DPR.


Semoga birokrasi di negeri kita menjadi lebih manusiawi. Dan istilah “KLO BISA DIPERSULIT KENAPA DIBIKIN MUDAH” terhapus dari benak aparatur birokrasi. Dan yang biasanya gampang karena ada pelicin ga berlaku lagi. Semoga.

Sumber ; Liputan6.com

~ oleh nebulagame pada Juni 24, 2009.

4 Tanggapan to “UNDANG UNDANG PELAYANAN PUBLIK RESMI DISAHKAN”

  1. Amin, semoga akan kedapatan yang selama ini melakukan pelanggaran, saatnya indonesia menjadi cerdas, tidak terjajah dengan bangsa sendiri,,,,

  2. Langkah baru reformasi birokrasi yang berpihak kepada rakyat…

  3. semoga seperti yang kita harapkan
    saya yakin tah tahun brapa

  4. Harus disosialisasikan ke PNS-PNS pelayan publik, khususnya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.
    Supaya terjadi perubahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: